Pilih Laman

Enggak enak lho… niatnya ngobrol baik-baik. Eh malah responnya justru negatif banget. Dada ini sesek mendengarnya… Hahaha…
Ya… gimana lagi?!

“Ini Ngaco!! Ngawur Kalo Murah Itu Aman…”
“Itu Ngawur, enggak logis!! Biaya Murah tapi bisa aman dan kuat..”
“OMONG KOSONG!!”
Itulah kata-kata yang dilontarkan salah satu rekanan saya yang tak percaya beberapa bulan yang lalu ketika saya menawarkan kerja sama dalam membangun rumah menggunakan teknologi rimae.
Menurut pengalaman beliau justru untuk aman, biayanya harusnya lebih mahal. Beliau memang sudah berpengalaman puluhan tahun dalam dunia konstruksi dan properti.
Oleh karena itu beliau ini bukan saja rekanan bagi saya, beliau adalah salah satu guru terbaik, Mentor bisnis saya selama ini.
Dari apa yang telah beliau lalui dalam dunia konstruksi, apa yang saya tawarkan kepada beliau…
Beliau enggak percaya.
Biasanya lhoo, apa yang sudah menjadi keputusan saya, beliau selalu siap support. Siap bantu, apapun resikonya.
Tapi kali ini lain.. Kali ini beda banget..
Beliau enggak percaya melihat besaran budget yang saya tawarkan kepadanya.
Beliau khawatir hasilnya justru sebaliknya. Padahal saya sudah presentasi, saya jelaskan pelan-pelan kenapa proses ini biayanya bisa lebih terjangkau, kenapa lebih menghemat…
Sampai mulut saya berbusa-busa, tetap saja beliau enggak percaya…
Ini yang membuat saya, rasanya sudah seperti mau putus asa. Merasa udah enggak semangat lagi menjelaskannya…
O! Tidak!! Saya harus meyakinkan beliau. Saya coba yakinkan dengan cara yang lain. Tetap tidak mengubah pendapatnya
(menarik nafas panjang)
Akhirnya…
“Oke! Saya ingin lihat langsung bagaimana prosesnya..”
Ini dia!!
Tiba-tiba saya seperti melihat pintu kesempatan terbuka sedikit. Kenapa tidak terpikirkan untuk mengajak beliau langsung ke lapangan saja ya…
Esoknya beliau meminta saya untuk mendampinginya, melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan precast Rimae di produksi.
Dalam pengamatan langsung, beliau benar-benar menyimak, mencermati dan observasi secara detail. Bahkan bisa jadi berulang-ulang…
Layaknya mahasiswa kedokteran yang benar-benar melakukan riset di laboratorium anatomi tubuh manusia. Detail. Solid. dan Rijit. Semuanya dicatat, ditanyakan bahkan dia secara langsung ikut melakukan pembuatan.
Hampir dua minggu beliau benar-benar mempelajari bagaimana proses pembutan, cara kerja dan struktur rimae digunakan.
Dan akhirnya, ada tiga point penting menjadi catatan beliau…

 

1. Quality Control dan 4X lebih banyak

Struktur Rimae Beda banget dengan cara-cara pengecoran konvensional. Pada pengecoran pada umum kebanyakan, Kualitasnya sudah pasti berbeda-beda, karena posisi pengecoran langsung pada benda kerjanya, bahkan bisa disebut terburu-buru, supaya proses pengeringan bisa seragam. Padahal justru terburu-buru ini tidak bisa dijaga Quality Controlnya. Dan yang pastinya tidak ada jaminan kualitasnya sama.

Rimae, dalam pengecoran menggunakan Beton Bertulang pilihan 4X lebih banyak daripada struktur pada umumnya. Asyiknya lagi secara Quality Control, kualitas semua bahan dan struktur memiliki kualitas yang sama. Karena disiapkan sedemikian rupa menggunakan molding precast khusus yang membuat kualitasnya sama dan terjamin.

2. Knock Down Solid dan Kokoh

Pondasi Rimae menggunakan ikatan knock down yang lebih solid dan kokoh tapi di jamin tidak mudah getas atau gampang retak.

Beda pada konstruksi pada umumnya
Konstruksi konvensional secara umum bisa dikatakan 90%, menggunakan komposisi struktur atau ikatan semen, untuk pondasi maupun rangka selalu bersifat statis.

Dalam teori ilmu bahan konstruksi dan metalurgi, kondisi statis ini tidak akan mampu banyak menyerap beban dan energi. Dampaknya mudah getas, mudah patah atau mudah retak.
Apalagi bila struktur tanahnya mudah bergerak.

Rimae mampu menyerap beban, gaya atau energi sangat cukup. Bahkan bisa dikatakan lebih baik. Di titik ikatan knock down, Rimae menggunakan ikatan baut yang bisa menyerap banyak energi.

3. Mudah Dalam Replace dan Perbaikan

Produk konstruksi konvensional, dalam memperbaiki harus dimulai membongkar dengan cara merusak sebagian, bahkan bisa jadi merusak sampai total, default mulai dari nol. Produk konvensional bila tidak merusak total maka struktur komposisi kombinasi antara semen dan sirtu, tidak mampu menyatu dengan lainnya.

Tidak demikian dengan Rimae, cukup hanya bagian yang diperbaiki saja bila ingin diperbaiki. Kuncinya pada teknologi knock down. Pasang sambung yang berfungsi penting yang membuat struktur Rimae tanpa harus merusak bagian lainnya.

Inilah kenapa rimae bisa dilakukan perbaikan tanpa harus merusak atau merubah struktur yang sudah ada.
Sebenarnya banyak point-point alasan, kenapa Rimae ini lebih aman. Tapi tiga point diatas sudah cukup meyakinkan beliau yang akhirnya menerima kerja sama ini…

Dan tiba-tiba beliau mengumpati saya…
Kamu ini Kentir!! Aseem tenan!! Kenapa Kamu baru datang?!!
Kenapa enggak ket dhisik ae!!
Dan saya ikut tertawa terbahak-bahak…
Saya puas. Akhirnya saya berhasil…