Punya rumah di lingkungan pedesaan, dengan nuansa alam dan pegunungan pastinya asyik banget. Pastinya Anda akan mendapatkan udara yang segar, hidup Anda jadi tenang dan menyepi dari keramaian kota. Mungkin istilahnya pake nama Konstruksi Rumah Western kali ya? Hehehe

Selain itu secara lahan bisa dibilang murah, karena memang lahan di area pegunungan jauh lebih murah dibandingkan lahan di area perkotaan.

1. Pilih lokasi Konstruksi Rumah Western yang memungkinkan untuk dibangun sebuah rumah

Ketika memutuskan untuk membangun rumah tinggal di kawasan pegunungan, pastikan agar lahan yang akan kita tempati memiliki pandangan yang mengasyikkan asal jauh dari tebing yang curam dan tapi dekat dengan sumber air.
Selain itu, akan lebih baik jika posisi lahan tidak dikelilingi tebing yang mengakibatkan cahaya matahari menjadi terhalangi.

2. Pastikan ada akses yang memadai untuk menuju area tersebut

Akses berupa jalan yang lenak jadi pertimbangan penting lhoo kisanak. untuk dipertimbangkan dalam memilih lahan pegunungan. Sebab, kemudahan akses nantinya akan membantu kita dalam mengangkut material dan bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membangun rumah.

Semakin sulit area tersebut dijangkau, tentu biaya pengiriman material akan mahal dan mungkin memakan waktu yang lebih lama dalam hal pengangkutan. Akses juga meliputi ketersediaan pasokan listrik, karena beberapa kawasan pegunungan di Indonesia masih belum terjangkau pasokan listrik dikarenakan lokasinya yang sangat ekstrim dan terpencil.

3. Usahakan lokasinya dekat dengan lokasi pemukiman lainnya.

Area pegunungan biasanya masih ditumbuhi pohon – pohon berukuran besar dan semak – semak yang cukup rapat. Bayangkan jika hanya rumah kita yang berada di kawasan pegunungan tersebut, tentunya rasa khawatir dan was – was bisa menghantui kita, terutama ancaman bahaya binatang liar.
Maka, pastikan bahwa Anda memilih lahan di mana di sekelilingnya terdapat rumah – rumah lain, meski lokasinya tidak berdekatan.

4. Pertimbangkan lokasi yang tepat dan strategis

Jika sudah menemukan lokasi yang tepat, kini saatnya menentukan apakah nantinya rumah akan menghadap ke arah utara, selatan, timur, maupun barat. Pertimbangan ini akan mempengaruhi Anda dalam membangun konstruksinya, karena arah rumah akan menentukan potensi besar kecilnya angin, paparan sinar matahari, tekanan, hingga suhu udara. Hal ini juga berpengaruh dalam proses pembuatan dan pemasangan pintu dan jendela.

5. Cek kemiringan dan kestabilan tanah

Seberapa besar kemiringan tanah turut menentukan kestabilan tanah. Terlebih jika kondisi tanah tandus dan di bagian bawah terdapat area rumah – rumah lain. Dengan demikian, struktur tanah ini akan menjadi tidak kuat dan memperbesar kemungkinan terjadinya longsor. Jika memungkinkan, pilih lokasi dengan kondisi tanah yang cukup keras, namun tidak berbatu / karst. Tanah yang berbatu dan terlalu keras juga tidak baik, karena akan membuat kita sulit dalam meratakannya untuk membangun pondasi.

Point-point tersebut ada baiknya Anda konsultasikan dengan ahli atau kontraktor supaya Anda memiliki gambaran yang jelas untuk menjadi pertimbangan Anda.

Silakan hitung RAB konstruksi Rumah Modern : Klik RAB

Denah Konstruksi Rumah Western Pedesaan

Detail pengrajin membuat rumah ini menarik dari luar, serta dari dalam. Dengan luas 1.339 kaki persegi, Anda akan memiliki banyak cara untuk menggunakan semua ruang yang tersedia yang ditawarkan desain ini. Silakan hitung RAB konstruksi Rumah Modern : Klik RAB

Dua kamar tidur terletak di sisi kiri rumah saat Anda masuk, dan di sebelah kanan Anda adalah ruang ekstra yang ideal untuk ruang kerja atau kantor. Lanjutkan perjalanan dan Anda akan disambut dengan dapur terbuka, ruang makan, dan area keluarga dengan akses ke teras belakang (lihat tips dekorasi teras ramah anggaran dari HGTV).
Master suite terletak di sisi kanan rumah dan mencakup kamar mandi dan bilik lemari.

COBA KAMI BANTU HITUNG RAB ANDA

Isi form perencanaan pembangunan dan instalasi Anda dibawah ini: